Contoh Makalah PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN REMAJA


PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP
PERKEMBANGAN REMAJA

DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
GURU PENGAJAR: FUJI HIDJRIYAT, M.Pd.
OLEH
 ADE RHINALDY







DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN
SMA NEGERI 1 BANJARMASIN
2010


Abstrak

Rhinaldy Ade, 2010. Karya Ilmiah. Pengaruh Game online terhadap Perkembangan Remaja.
SMA Negeri 1 Banjarmasin.
            Di zaman yang sangat modern ini, game online sangat merebak di masyarakat. Dari orang dewasa hingga anak balita, perbincagannya hanya seputar game online.   Hal ini didukung dengan banyaknya game center di ingkungan kita yang menawarkan harga yang miring. Dengan harga yang miring ini anak-anak remaja yang mempunyai uang yang tidak terlalu banyak mampu untuk bermain game online berjam-jam, dan lama-kelamaan menjadi kecanduan luar biasa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penyebab anak memilih bermain game online. (2) mengetahui pengaruh terhadap anak-anak yang bermain game online dan (3) mengetahui cara mengatasi kecanduan game online.
Metode yang digunakan dalam karya tulis ini adalah metode kepustakaan yaitu, metode dengan mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan penelitian. Selain itu metode yang digunakan adalah metode observasi yaitu, metode dengan pengumpulan data dan datang langsung ke game center.
Teman dan keluarga merupakan salah satu penyebab awal anak bermain game online disamping pengaruh langsung dari internet. Dampak positif dari game online yaitu, melatih otak untuk berpikir kreatif, melatih imajinasi dan mengurangi stress.  Selain dampak positif, game online juga mempunyai dampak negatif diantaranya dapat menyebabkan kecanduan serta mengurangi sosialisasi, tingkat kesehatan menurun, tidak mampu membedakan mana dunia nyata mana dunia maya, penurunan aktivitas gelombang otak depan dan dapat menyebabkan kepribadian ganda.  Orangtua sangat berperan dalam mendampingi anak yang kecanduan game online.  Selain itu peran anak sendiri sangat penting, yaitu niat yang sungguh-sungguh, berdoa dan membuat rencana untuk berhenti sepenuhnya.  

Kata kunci Game online, Perkembangan, Remaja




Lembar Pengesahan

            Karya tulis berjudul “PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN REMAJA” sudah disetujui sistematika dan penulisannya oleh guru pembimbing pada tanggal…..

            Mengetahui
            Kepala SMAN 1 Banjarmsin                                                   Guru Pembimbing






            Drs.  H.  Zainuddin, M.Pd                                                       Fuji Hidjriyati, M.Pd
            NIP 196207191990021001                                                     NIP 197109221997022003







Surat Pernyataan Keasliaan Tulisan



Karya tulis berjudul “PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN REMAJA” adalah benar karya tullis saya. Bukan merupakan jiplakan terjemahan.
Bila dikemudian hari terbukti bahwa karya tulis ini adalah hasil jiplam atau terjemahan, saya bersedia dikenakan sanksi.



                                                                                                 Penulis





                                                                                                 Ade Rhinaldy
                                                                                                 NIS 10319
           



KATA PENGANTAR

          Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT  yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis bisa menyelesaikan karya tulisnya yang berjudul “PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN REMAJA”.
          Karya tulis yang anda baca ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan terselesaikannya karya tulis ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi yang sangat membantu penulis yang tidak bisa diucapkan satuper satu.
Penulis menyadari karya tulis ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun karya tulis ini menjadi lebih baik lagi.  Penulis berharap karya tulis yang telah dibuat ini bisa bermanfaat sert menambah pengetahuan bagi siswa pada khususnya dan pihak lain pada umumnya.


                                                                                               

Banjarmasin, September 2010


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Penulis
Daftar Isi

Kata pengantar……………………………………………………………………………    i
Daftar isi………………………………………………………………………………… ..   ii
Daftar table……………………………………………………………………………….    iii        
I.  Pendahuluan…………………………………………………………………………….  1
          1.1  Latar Belakang………………………………………………………………….  1
          1.2  Rumusan Masalah……………………………………………………………....  1
          1.3  Tujuan Penelitian………………………………………………………………..  2
          1.4  Metode Penelitian………………………………………………………………  2
II.  Landasan Teori………………………………………………………………………… 3
          2.1  Hakikat bemain game online…………………………………………………….........3
          2.2  Sejarah perkembangan game online………………………………………………….   3
          2.3  Sejarah perkembangan game online di Indonesia……………………………...   4
III.  Pembahasan…………………………………………………………………………… 7
          3.1  Penyebab awal anak bermain game online………………………………………  7
          3.2  Dampak game online terhadap perkembangan remaja………………………….  9
          3.3  Cara mengobati pecandu game online………………………………………………... 14
IV.  Kesimpulan dan saran………………………………………………………………… 16
          4.1  Kesimpulan……………………………………………………………………...  16
          4.2  Saran…………………………………………………………………………….  16
       Dafatr Pustaka………………………………………………………………………… 17
       Lampiran………………………………………………………………………………. 18

                                                                                                                                               



Daftar Tabel


No.                                                                                                                                 Halaman
 1.  Contoh game yang hadir di Indonesia………………………………………….            4


iii
BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Di zaman yang sangat modern ini, game online sangat merebak di masyarakat. Dari orang dewasa hingga anak balita, perbincagannya hanya seputar game online.   Hal ini didukung dengan banyaknya game center di ingkungan kita yang menawarkan harga yang miring.
Dengan harga yang miring ini anak-anak remaja yang mempunyai uang yang tidak terlalu banyak mampu untuk bermain game online berjam-jam, dan lama-kelamaan menjadi kecanduan luar biasa.  Akibat dari kegiatan ini mereka pun banyak melupakan hal-hal yang lebih penting seperti belajar, beribadah, bahkan melupakan kesehatan mereka. Sungguh sangat ironis massa depan anak-anak Indonesia bila mereka hanya membuang uang untuk bermain game online.
1.2       Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang saya angkat pada karya tulis kali ini adalah bagaimana pengaruh game online terhadap perkembangan anak remaja?
1.3       Tujuan Penelitian :
1.3.1    Tujuan umum
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menyelesaikan tugas Bahasa dan Sastra Indonesia.   


1.3.2  Tujuan khusus
            Tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Mengetahui penyebab anak memilih bermain game online.
2.    Mengetahui pengaruh terhadap anak-anak yang bermain game online.
3.    Mengetahui cara mengatasi kecanduan game online.
1.4       Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam karya tulis ini adalah metode kepustakaan yaitu, metode dengan mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan penelitian. Selain itu metode yang digunakan adalah metode observasi yaitu, metode dengan pengumpulan data dan datang langsung ke game center.

2 komentar:

Reno Rasiwara said...

kita juga punya nih artikel mengenai 'game online', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2284/1/Gambaran%20Kecenderungan%20Agresivitas%20Dalam%20Pemilihan%20Game%20Online%20pada%20Anak.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

David Rosidi said...

semoga bermanfaat gan :)

Post a Comment

My Blog List

Total Pageviews

Followers

Popular Posts

Follow by Email